Bagaimana Menyiapkan Materi Presentasi dengan Baik

untuk menyusun materi dengan baik kita harus memperhatikan tujuan , serta isi materi yang kita sampaikan , pada blog saya ini saya akan sedikit menjabarkana bagaimana menyusun materi presentasi dengan baik , dengan penysunan presentasi yang sistematis .

 

Dalam proses penyusunan materi, yang pertama harus dilakukan adalah menyiapkan bahan-bahan yang berkualitas supaya Anda bisa membuat materi persentasi yang bagus. Selanjutnya, bahan-bahan ini mesti disusun dalam kerangka yang sistematis. Untyuk penyusunan Materi yang sistematis , hal yang perlu diperhatikan adalah :

a) pengantar

b) Isi utama materi presentasi

c) penutup atau kesimpulan.

selaian itu,  Anda bisa mengikuti pola tanya jawab; dimana materi Anda diawali dengan sejumlah pertanyaan, dan kemudian diikuti dengan sejumlah jawaban.

Membuat Desain Materi Presentasi yang Bagus
Setelah menemukan bahan dan isi yang akan diuraikan dalam presentasi, maka langkah selanjutnya adalah bagaimana mendesain semua bahan mentah itu ke dalam materi powerpoint presentasi yang bagus. Tentu saja disini setidaknya Anda sudah harus terlebih dahulu mengetahui cara menggunakan aplikasi powerpoint dari windows.

Dalam proses desain ini, terdapat sejumlah tips yang layak diperhatikan.
1.Gunakan jenis huruf (font) yang seragam untuk semua halaman slide presentasi. Misal : jika  menggunakan jenis Arial, maka sebaiknya Anda menggunakan jensi itu dalam sepanjang halaman presentasi Anda.

2. Gunakan huruf sans seriff seperti Arial, Verdana, Helvetica atau Georgia; dan bukan menggunakan huruf seperti times new roman. Kata para pakar huruf seperti Arial dan Verdana lebih mudah dibaca dalam media elektronik dan layar presentasi. Selain itu, sebaiknya ukuran huruf yang digunakan adalah minimal 24.

3. Gunakan template dan komposisi warna yang juga seragam untuk semua halaman slide presentasi . Komposisi warna juga layak diperhatikan; dimana kita sebaiknya menggunakan warna netral(seperti warna putih) sebagai dasar; dan warna yang terang dan soft untuk menulis huruf (seperti warna biru, warna merah maroon atau coklat). Jangan pernah menggunakan warna merah atau kuning sebagai warna dasar.

4. Jika ingin menggunakan clip art atau gambar, sebaiknya diambil dari gambar yang difoto secara profesional; dan bukan clip art yang terkesan kampungan. Tata letak gambar ini juga harus diperhatikan supaya tidak terkesan asal tempel.

 http://rajapresentasi.com/2009/02/kiat-dan-teknik-membuat-materi-presentasi-yang-bagus/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>